Agar Menulis Terasa Menyenangkan

0
476
Banyak yang beranggapan bahwa menulis itu susah, bahkan membosankan. Anggapan ini tidak salah, tetapi tidak sepenuhnya benar. Mengapa demikian? Ya, menulis akan terasa susah, bahkan membosankan, jika aktivitas menulis itu tidak dibiasakan, tidak dilakukan dari hati dan tidak sepenuh hati.
Menulis karena terpaksa akan terasa susah dan sangat menyiksa. Menulis karena tekanan akan terasa sangat menjemukan dan membosankan.
Lalu, bagaimana agar menulis terasa menyenangkan? Jawaban yang dapat saya berikan adalah : Menulislah setiap hari! Menulislah dari hati! Menulislah sepenuh hati! Kalau bisa, menulislah dengan didampingi sang pujaan hati… he..he.. (yang jomblo pasti baper nih… ha..ha..)
Sekadar berbagi pengalaman…
Ketika masa-masa awal menekuni dunia tulis menulis, saya merasakan bahwa menulis itu susah dan membosankan, karena saya menganggap aktivitas menulis sebagai beban. Beban itu terasa semakin menekan ketika saya harus berpikir keras mencari ide untuk menulis. Mengapa harus berpikir keras? Ya, karena saya belum terbiasa menulis saat itu, sehingga untuk mendapatkan sebuah ide bukanlah hal mudah.
Seiring berjalannya waktu. Saya pun menyadari bahwa menulis dengan penuh keterpaksaan, menganggapnya sebagai beban, tidak karena panggilan hati hanya akan menyiksa diri dan menghadirkan kebosanan.
Saya merasakan bahwa aktivitas menulis terasa sangat menyenangkan, karena saya benar-benar menulis berdasarkan panggilan hati, membiasakannya, sehingga saya benar-benar menikmatinya. Karena menikmatinya, saya pun merasakan bahwa aktivitas menulis menjadi sangat menyenangkan.
Tentang ide menulis, bukan masalah lagi bagi saya. Setiap yang saya lihat, dengar, alami dan rasakan, semuanya bisa menjadi ide untuk membuat sebuah tulisan.
So, seperti judul tulisan ini, agar menulis terasa menyenangkan, maka yang harus kita lakukan adalah jadikanlah menulis sebagai kebiasaan, menulislah dari hati, menulislah sepenuh hati.
Selamat mencoba!
* Ruang Inspirasi, Ahad, 5 Maret 2023, Pukul. 10.06 WIB.
Bagikan

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here