Catatan Kehidupan (26)

AKTIVITAS PAGI BERSAMA BIDADARI KECILKU
Oleh :
Agung Nugroho Catur Saputro

Orang barat menghargai waktu dengan membuat pepatah “Time is money”. Bangsa Arab memandang pentingnya waktu dengan ungkapan” Al waqtu ka as saif”. Orang Jawa membuat pepatah “Wong urip iku mung mampir ngombe”. Semua ungkapan/pepatah/kata mutiara tersebut intinya mengajarkan hikmah tentang pentingnya menjaga waktu.

Waktu itu sangat berharga. Waktu yang telah berlalu tidak bisa diulang lagi. Waktu yang kita miliki adalah waktu yang sedang kita jalani. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk memanfaatkan waktu yang kita miliki dengan sebaik-baiknya dengan memperhatikan skala prioritas. Setiap orang mungkin memiliki skala prioritas yang berbeda-beda, maka sebaiknya kita tidak menilai skala prioritas orang lain dengan skala prioritas kita.

Di masa pandemi virus Covid-19 sekarang ini dimana banyak anggota keluarga berada di rumah, perlu strategi khusus untuk mengisi waktu. Berbagai kreasi dan ide inovatif dimunculkan untuk merancang aktivitas di rumah agar tidak membosankan. Ada yang menggunakan waktunya di rumah dengan menyalurkan hobinya seperti berkebun, menanam bunga, membaca, menulis, memasak, dan lain-lain.

Demikian pula yang penulis lakukan. Penulis lebih memilih mengisi waktu dengan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat. Selain mengisi dengan aktivitas keagamaan, penulis juga mengisi dengan aktivitas membaca dan menulis. Di samping itu, penulis juga mengisi waktu WFH ini untuk mempererat hubungan kekeluargaan, baik dengan istri maupun dengan anak-anak dengan memperbanyak waktu kebersamaan.

Seperti halnya aktivitas penulis dengan si bidadari kecil. Selama penulis di rumah, sekarang rutin setiap pagi bidadari kecil minta ditemani bersepeda menyusuri jalan depan rumah. Bagi penulis pribadi, keinginan bidadari kecil penulis manfaatkan untuk membangun kedekatan ayah dan putri kecilnya. Kesempatan berharga ini penulis pergunakan untuk mengisi memori si kecil dengan kenangan-kenangan indah penuh kasih sayang bersama papinya. Waktu berharga ini penulis manfaatkan untuk memberi kesempatan si kecil untuk bermanja-manja dengan papinya.

Demikian cerita aktivitas sederhana penulis bersama putri kecil penulis. Semoga dapat menginspirasi. Tetap stay at home.

Gumpang Baru, 7 April 2020

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here