Aku Senang Menstruasi Datang

0
1598

*Aku Senang Menstruasi Datang*

_Sri Lestari Linawati_

Itu adalah judul buku teman satu ruangan di kampus. Menarik. “Aku Senang Menstruasi Datang”. Ya, gambarnya pun sip markusip. Seorang anak SD yang mulai tumbuh ABG, anak baru gede.

Kok anak SD? Bukannya menstruasi dimulai saat SMP? O ow.. jaman sekarang memang beda. Anak gizinya makin baik. Sejak kecil pun telah terpapar informasi sedemikian rupa. Nah, di antara dampaknya adalah semakin cepat pula mereka mengalami menstruasi.

Waduh, bagus nggak sih menstruasi datang lebih awal?

Ahaaa…
Ternyata,
ada banyak faktor yang perlu kita pelajari tentang menstruasi, terutama bagi anak SD. Nah, orang tuanya secara otomatis juga musti lebih memahami persoalan ini, agar mereka dapat mendampingi putrinya yang pertama mengalaminya. Segala sesuatu yang baru pertama kali terjadi itu selalu mengesankan. Harapannya image anak terhadap menstruasi itu baik dan benar. Apabila imagenya buruk, selamanya perempuan akan menganggap dirinya hina.

Mengapa buku ini hadir?
Karena buku ini merupakan isu penting yang berkaitan dengan pendidikan, harga diri dan privasi remaja putri dan perempuan dewasa di Indonesia.

Buku ini bertujuan untuk menyediakan panduan yang tepat dan dibutuhkan oleh remaja putri ketika mereka menghadapi menstruasi dan memberikan pendidikan kepada remaja putra untuk menghargai teman remaja putri mereka yang sedang mengalami menstruasi.

Buku yang ditulis oleh Bu Diah Annisa dan Bu Istinengtyas ini patut diapresiasi. Focus Group Discussion dengan mengundang beberapa pihak, misal sudut pandang Islam faham Majelis Tarjih itu bagaimana. Pendampingan cara mencuci yang benar, mandi besar, busana muslimah dan yang wajib dijalankan.

Semoga masukan dari berbagai pihak dapat segera melengkapi hadirnya buku ini.[]

Yogyakarta menjelang malam, 7 Desember 2019

Sri Lestari Linawati akrab disapa Lina. Pegiat literasi ini tinggal di sebuah dusun di Yogyakarta.

Bagikan

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here