BERBAGI ENERGI POSITIF SESAMA PENULIS

0
421

BERBAGI ENERGI POSITIF SESAMA PENULIS

Oleh:

Agung Nugroho Catur Saputro

 

Jika kita ingin belajar suatu ilmu, maka datanglah berguru kepada ahlinya. Jika tidak bisa bertemu langsung untuk belajar kepadanya, maka belajarlah melalui karya-karya sang ahli tersebut. Membaca karya tulis seorang penulis tak ubahnya seperti belajar langsung ke penulisnya. Mengapa demikian? Karena penulis yang baik pasti akan menulis apa yang sesuai dengan pendapat, pemikiran, dan pemahamannya.

Demikian pula jika kita ingin menjadi seorang penulis, maka kita harus belajar kepada para penulis. Pada penulis yang memiliki karya-karya besar dan memiliki jam terbang yang tinggi dalam menulis merupakan guru-guru yang terbaik untuk belajar menulis. Melalui karya-karya tulis mereka lah kita bisa belajar bagaimana menjadi penulis yang baik melalui contoh nyata karya-karya tulis mereka.

Selain membaca karya-karya tulis para penulis hebat, untuk meningkatkan kemampuan menulis kita juga dapat bergaul dan berinteraksi dengan para penulis. Berinteraksi dengan para penulis akan memunculkan energi positif pada diri kita untuk tetap semangat menulis. Spirit menulis yang terpancar dari para penulis merupakan energi penggerak bagi kita untuk menggerakkan jari jemari kita untuk terus menulis.

Bergaul dengan para penulis memiliki banyak keuntungan, di antaranya adalah dapat menikmati karya-karya tulis mereka langsung dari penulisnya. Selain itu kita juga bisa bertukar karya sebagai wujud penghargaan dan penghormatan atas karya tulis yang dihasilkan.

Beberapa hari ini saya merasakan kebahagiaan karena mendapatkan kiriman karya tulis buku yang luar biasa dari sahabat penulis. Buku yang pertama berjudul “Urip Iku Urip” karya penulis berbakat bapak Agus Andi Subroto yang mengenalkan diri dengan nama pena mister AAS. Buku Urip Iku Urip adalah buku yang menarik untuk dibaca. Kita bisa banyak belajar tentang ilmu kehidupan dari buku ini. Buku ini bukan buku sembarangan karena buku ini telah dibedah oleh para akademisi hebat yang terdiri atas profesor dan doktor dari kampus ternama.

Buku kedua berjudul “Prinsip-Prinsip Manajemen Pemasaran” karya Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) STIE Indonesia Malang dan juga Sekjen Perkumpulan Penulis Buku Perguruan Tinggi (P2B-PT), yaitu bapak Dr. Amirullah, SE.,M.M. Beliau adalah seorang akademisi dan penulis buku yang berpengalaman. Tidak kurang dari 20 judul buku ilmiah yang telah beliau tulis. Beliau juga pernah memperoleh hibah buku ajar dan insentif buku terbit dari Kemenristek Dikti. Beliau aktif memberikan pelatihan dan workshop penulis buku ajar kepada para dosen dan akademisi di berbagai kampus. Melalui buku kiriman beliau ini, saya bisa belajar banyak bagaimana cara menulis buku ajar yang baik.

Demikianlah keuntungan menjadi penulis dan berteman dengan para penulis. Kita bisa saling belajar bersama, saling mengapresiasi karya, dan terpenting bisa saling berbagi energi positif berupa motivasi dan inspirasi menulis sehingga kita mampu menjaga spirit menulis. []

 

Gumpang Baru, 01 April 2023

 

Bagikan

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here