Coban Putri: Si Putri Malu yang Tidak Terekspose Publik

1
1213

Oleh: M Arfan Mu’ammar

Akhir tahun 2019 masih belum punya tujuan wisata yang jelas, antara Coban Talun atau Coban Rais? 

Sebagian teman menyarankan Coban Rais karena banyak spot photo, teman lain menyarankan Coban Talun, karena ada tempat baru di sana, yaitu Paguoon Camp.

“Kalau nyari spot photo, memang di Coban Talun dan Coban Rais tempatnya, tapi lokasi air terjunnya jauh, harus jalan lagi, kalau bawa anak kecil tidak cocok medannya, lagi pula air terjunnya juga kurang bagus” jelas adik saya, rupanya dia sudah menyusuri banyak coban (air terjun) di Batu-Malang.

Hasil penelusuran saya, terdapat 27 coban (air terjun) di Batu-Malang. Yaitu: 1. Coban Nirwana, 2. Coban Tundo, 3. Coban Pelangi, 4. Coban Rondo, 5. Coban Rais, 6. Coban Talun, 7. Coban Kethak, 8. Coban Ginthung, 9. Sumber Pitu Pujon, 10. Ringin Gantung, 11. Coban Tumpak Sewu, 12. Coban Ciblungan, 13. Coban Cinde, 14.  Coban Jahe, 15. Coban Manten, 16. Coban Tengah, 17. Coban Trisula, 18. Coban Siuk, 19. Banyu Anjlok, 20. Coban Parang Tejo, 21. Coban Glotak, 22. Air Terjun Telaga Tiga Warna, 23. Air Terjun Goa Naga Gintung, 24. Coban Baung, 25. Coban Kodok, 26. Coban Grojokan Sewu, 27. Coban Putri.

Dari 27 coban yang ada di Batu-Malang, yang paling eksotis adalah coban Tumpak Sewu, karena tidak hanya satu titik, tapi banyak titik air terjun di sana. Sedangkan air terjun yang paling nyaman untuk mandi berendan adalah coban Ciblungan, karena air terjun tidak begitu tinggi dan ada kolam alami yang membentuk di depan air terjun.

Lalu kenapa saya ke Coban Putri? karena aksesnya yang dekat dengan kota Batu, sedang Tumpak Sewu butuh waktu 2 jam dari kota Batu, karena ia berbatasan dengan Kab. Lumajang. Begitu juga dengan coba Ciblungan. Selain itu, akses jalan kaki dari parkir mobil ke air terjun tidak begitu jauh, sekitar 500 meter, dengan jalan yang masih tergolong mudah dilalui.

Coban Putri tidak jauh dari kota Batu, hanya sekitar 5.4 km atau sekitar 12 menit. Di sisi lain waktu saya terbatas, jam 14.30 baru bisa sampai di Coban Putri, karena pagi masih ada acara. Di Coban Talun dan Coban Rais yang katanya lagi ngehits, tidak akan cukup menikmati semua wahana, apalagi dengan jumlah spot photo yang banyak. Sedangkan di Coban Putri tidak begitu banyak spot photo.

Walaupun demikian, bukan berarti Coban Putri sama sekali tidak memiliki spot photo yang menarik. Di Coban Putri ada sekitar 4 spot photo, 3 adalah spot photo buatan dan 1 spot photo air terjun.

Berikut beberapa hasil photo saya beserta keluarga di spot photo coban putri:

Menarik bukan?

Bagi Anda pecinta alam, tentu menghabiskan waktu liburan di alam bebas adalah pilihan yang tepat, tapi bagi Anda yang biasanya suka berwisata di mall atau wisata lain “buatan” manusia, sesekali cobalah menikmati indahnya alam ini, Anda akan semakin mensyukuri, betapa indah dan mempesonananya ciptaan Tuhan.

Keindahan bukan hanya terdapat pada indahnya kecantikan seorang wanita, tapi keindahan juga banyak terdapat pada keelokan gunung, hutan, bukit, air, pohon dan seluruh alam semesta ini. Selamat berlibur.

Bagikan

1 KOMENTAR

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here