DEMAM DALGONA

0
275

Oleh Rita Audriyanti

Dalgona? Virus apa lagi ini?

Sabar. Jangan paranoid dulu. Kita tetap #dirumahaja, ya. Ikut protokol bagaimana memutus rantai penyebaran virus Corona dengan cara sekuat tenaga berusaha menjaga jarak dengan orang lain, memakai masker, cuci tangan, dan menjaga asupan gizi.

Nah!

Bagi pegiat medsos, pasti kenal dengan nama “Dalgona” ini. Benar. Ini adalah minuman khas Korea yang sedang tren dan viral saat ini. Dalgona bukan minuman keras alias haram. Bukan. Halal, Bro & Sis.

Jadi, saya yang bukan pecinta kopi, jarang sekali minum kopi, bahkan, misalnya, jika minum produk Starbucks yang ringan kopinya pun, tetap saja selesai minum dada saya rasanya agak berdebar. Hm, mungkin berdebar karena melihat harganya…haha. _Maybe._

Lantas, ada apa dengan Dalgona?

Untuk menghilangkan penasaran dan juga mengisi waktu, saya mencoba mempraktikkan video pembuatan Dalgona ini. Dan, hasilnya, sangat memuaskan.

Video yang disebarkan oleh seorang dokter ini, bukan kaleng-kaleng atau asal bikin. Sebab kita tahu, banyak orang yang ingin populer dengan memposting video yang hasilnya asal-asalan. Tidak bertanggung jawab. Video kali ini sudah saya buktikan kebenaran dan hasilnya memuaskan.

Berhubung kami tinggal bertiga di rumah, saya bikin Dalgona dengan dua resep. Kok? Kan bertiga. Kenapa cuma dua resep? Itu tadi. Saya mau coba _sikik_ saja.

Ini resep versi saya (2 resep)

2 sdm bubuk kopi Nescafe
4 sdm gula pasir
4 sdm air es
Campur ketiga bahan ini ke dalam sebuah mangkuk. Kocok dengan mixer atau saringan teh yang kecil hingga mengembang. Mengocok dengan tangan untuk sampai adonan naik seperti krim, kocoklah sampai 8 menit. Pegal? _Banget_ 😁. Tapi, dengan mixer mungkin 3-4 menit.

Siapkan 3 gelas kosong. Pilih gelas bening transparan agar hasil minuman Dalgona ini tampak cantik dan menarik. Kalau difoto akan _Instagramable_, istilah anak zaman now.

Masukkan 1/2 susu cair putih ke dalam gelas-gelas bening tadi. Tambahkan es batu hingga isi gelas menjadi 3/4. Tak punya susu cair? Boleh dibuat dari susu bubuk. Saya pun menggunakan susu kental manis karena tidak punya susu cair.

Untuk mendapatkan kreasi lain, salah satu susu di gelas tadi saya campur dengan 1 sdm buah naga merah. Ini memberi efek warna menjadi velvet atau ungu.

Kemudian, setelah kopi naik menjadi krim, tuang ke dalam gelas berisi susu. Krim kopi ini tidak akan tenggelam ke dalam susu cair. Kecuali jika diaduk. Minuman Dalgona siap disajikan.

Ah, ternyata, Dalgona ini nikmat dan sedap. Oke juga untuk “melawan” kejamnya virus Corona. Ssttt…. bukan berarti Dalgona minuman untuk menyembuhkan Covid-19, ya. Kita hanya ikut demam Dalgona.

Selamat mencoba 👍

Catatan:
Sdm= sendok makan

Video Resep Dalgona

PG, 7/4/2020

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here