EXTRAORDINARY NADIEM MAKARIM

0
425

Dr. Amie Primarni

List panjang nama-nama menteri dan jabatannya di kabinet kerja baru telah rampung.

Semua media mengulas apa, dan siapa sosok menteri yang akan mendampingi Sang Presiden di masa depan yang penuh ketidakpastian.

Dulu sosok Susi Pujiastuti mencuri perhatian publik, plus pengamat. Kini, Nadiem Makarim mengundang kembali perhatian publik. Bukan hanya sebagai sosok personal namun karena beliau akan menempati jabatan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan (Pendidikan Tinggi). Itu artinya beliau akan mengkomandani pendidikan sejak usia dini hingga usia kini.

Saya senang, dan excited mendengar beliau menduduki posisi ini. Ya, sebuah posisi yang extravaganza bagi anak muda, yang sebagian mengatakan belum punya pengalaman di birokrasi. Catatan-catatan boleh saja kita buat. Tetapi bagi saya, Nadiem menjadi tumpuan banyak orang, dan khususnya para pendidik untuk membantu membuat road map pendidikan yang makro, dan holistik yang menyentuh tidak saja dari unsur- unsur pendidikannya namun juga menjawab pertanyaan besar pendidikan di Indonesia yaitu, mau dibawa kemana pendidikan Indonesia menuju 2045. Mau dijadikan seperti apa generasi Indonesia 2045?

Pekerjaan Rumah terbesar Nadiem adalah membuat konsep roadmap pendidikan nasional,yang kalau bisa pun hingga memikirkan karir dan kesejahteraan para pendidik. Anc sich tidak hanya soal kurikulum yang gonta-ganti tanpa ada hubungan satu dengan yang lain, tanpa tahu mau kemana ujungnya.

Maka, Mas Nadiem sungguh saya senang, bidang pendidikan ada di tangan anak muda, yang visinya mungkin masih mampu menjangkau 10 atau 20 tahun ke depan.

Mungkin saatnya pendidikan kita mengalami metamorfosis, bukan lagi sekedar perubahan tambal sulam disana-sini.

Mungkin sudah saatnya dibuat terobosan bagaimana pendidikan bisa menghasilkan Nadiem-nadiem junior di masa depan.

Mungkin, besok kita belajar beberapa materi bisa hanya dari gadget, sementara pendidikan adab menjadi skala prioritas kembali di rumah, di sekolah dan di kampus. Mungkin out put dan out come pendidikan menjadi lebih jelas. Mungkin Mas Nadiem, bisa membuat anak-anak suka dan senang belajar dan mencintai ilmu.

Saya tunggu road map pendidikan extraordinarynya Mas Nadiem. Seperti se extraordinarynya Mas Nadiem di dunia digital dan bussiness.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here