MASALAH DALAM KEHIDUPAN

0
1845

Oleh: Abd. Azis Tata Pangarsa

Suatu ketika tentu kita pernah dan akan lagi mengalami kondisi yang serba sulit yaitu menghadapi problem atau masalah dalam kehidupan yang terbentang untuk dihadapi. Sepertinya tak ada jalan keluar sama sekali. Mirip suasana malam yang gelap tak bercahaya, yang membuat kita tak mampuu melihat dan menemukan arah jalan, atau saat kita sedang dirudung duka dengan situasi yang serba sulit dan serba salah untuk melakukan sesuatu. Sering pula di hati ada rasa kecewa dan menyakitkan atas berbagai problem kehidupan.

Yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal itu mungkin bisa dicoba dengan berhenti sejenak. Ambil nafas dalam-dalam, sambil merenungi kisah-kisah indah di masa lalu yang pernah terjadi dalam peristiwa kehidupan kita. Mengurai hikmah dari kenangan-kenangan itu. Saat kita mampu mengatasi berbagai problem yang terjadi dan menemukan solusi dari permasalahan yang pernah terjadi. Ketika di masa lalu kita mampu dan kuat mengatasi masalah, sekarang dan di masa mendatang pun semestinya kita juga harus mampu dan kuat.

Banyak sekali yang bisa kita lakukan yang dapat memberikan inspirasi solusi pemecahan. Diantaranya adalah nasihat orang tua, saran dari sahabat, dukungan dari rekan kerja, bantuan dari keluarga, membaca buku-buku penggugah pikiran dan jiwa, menonton film atau bisa juga dari tulisan-tulisan status di fb yang banyak berserakan pesan-pesan yang baik dan tentunya dibutuhkan kejelian dan kebijaksanaan tinggi bagi kita untuk memilah hal-hal mana yang baik untuk bisa kita resapi dan kita jadikan pijakan dalam menentukan sikap.

Terkait hal ini, teringat kata-kata yang bisa kita renungi bersama; “Kesakitan membuat kita berpikir. Berpikir membuat kita bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita mampu bertahan dalam derasnya arus kehidupan”. InshaAlloh….

Bagikan

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here