MASYARAKAT MODERN YANG PRIMITIF

0
1130

Oleh : M. Arfan Mu’ammar

Semakin modern seseorang, semakin cenderung primitif. Semakin sering seseorang hidup di kota, semakin cenderung untuk ingin hidup di desa. Entah karena bosan dengan kehidupan perkotaan atau jengah dengan kehidupan modern.

Pakaian “koteka” adalah pakaian orang-orang primitif di Papua. Namun budaya berpakaian primitif tersebut kini digunakan dan menjadi tren masyarakat modern di negara-negara maju. Hanya saja jika di Papu “koteka” itu tidak bermerek. sedang di Amerika “koteka” itu bermerek, sehingga dengan bahasa modern dibahasakan dengan G-Strink, Tank top, Hot Pants, Bikini, Cutout dress dsb.

Yang lebih primitif lagi, adalah berbudaya “toples”, yaitu budaya “bertelanjang dada”. Budaya toples ini semakin mewabah di negara-negara maju dengan dalih bahwa pakaian adalah bentuk ketertindasan, seraya menulis dengan “pilok” di dada mereka “Freedom”. Ya… Masyarakat yang berbudaya primitif tersebut adalah Masyarakat Modern.

Yang amat sangat lebih primitif lagi adalah budaya “naked day”. Yaitu suatu budaya dimana dalam satu even tertentu seseorang tidak berpakaian sama sekali, tidak sehelai kainpun menutupi tubuh mereka. Lelaki dan perempuan berbaur menjadi satu, tanpa malu, tanpa risih.

Mandatory Credit: Photo by Ray Tang/Shutterstock (619611d)
Naked shoppers promote ‘West End VIP Day’ – Very Important Pedestrian Day – On Saturday 2nd December Regent Street and Oxford Street will be traffic free for the first time.
Naked shoppers promote ‘West End VIP Day’, Oxford Circus, London,

Setidaknya ada 5 even didunia yang mengharuskan pesertanya bertelanjang! 1). Naked Hiking Day di Amerika, Jerman, Inggris dan Australia adalah even mendaki gunung atau bukit dengan bertelanjang. 2). World Naked Bike Ride di Philadelphia AS, yaitu lomba bersepeda tanpa berbusana. 3). International Swiming Gala di Perancis adalah lomba berenang dengan tanpa busana. 4 & 5) Bay Breakers di San Fransisco AS dan Running of the Nudes di Spanyol adalah lomba berlari dengan bertelanjang.

Kesemua even tersebut diikuti oleh peserta yang tidak mengenakan sehelai kainpun. Bersepeda, berenang, berlari dan mendaki gunung dengan bugil. Budaya tidak berpakaian adalah budaya masyarakat zaman purba, zaman primitif, dimana peradaban tidak semodern saat ini, namun budaya tersebut justru dianut dan melekat pada Masyarakat Modern.

Budaya primitif yang melekat pada Masyarakat modern, saat ini menjelma menjadi budaya modern, artinya seakan terkesan bahwa barang siapa yang tidak berpakaian seperti layaknya orang modern (G-String, Tank Top, Hot Pants dan bikini) maka ia dianggap tidak modern alias “primitif”.

Lantas siapa yang sebenarnya Primitif???

Bagikan

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here