Mendampingi Kelas Menulis Buku Daring SPK

0
691

Mendampingi Kelas Menulis Buku Daring
Sri Lestari Linawati

Saya bersyukur diberi kesempatan mendampingi Kelas Menulis Buku Daring (KMD) SPK #2. Tepatnya sebagai moderator. Pematerinya adalah Bapak Much. Khoiri yang akrab disapa Pak Emcho. Kelas daring yang diselenggarakan SPK dalam rangka menebar semangat literasi ini mendapat sambutan hangat dari 13 peserta dari berbagai penjuru Indonesia. Lumayan, karena ini langkah awal.

Pertemuan satu dan dua, dilangsungkan via telegram bersama Pak Emcho. Adapun pertemuan ketiga, karena Pak Emcho masih harus istirahat total, maka diganti Pak Ngainun Naim, IAIN Tulungagung. Pada hari yang ditentukan, kami melangsungkan kelas, namun kali ini via zoom.

Tentu ada suasana berbeda. Pemateri berbeda, tampilan juga berbeda. Peserta dikenalkan satu-satu. Pemateri pun dikenalkan kepada peserta. Pak Ngainun Naim membawakan materi “Mari Produktif Menulis.” Pas banget.

Beliau menampilkan fakta sederhana tentang menulis. Banyak orang ingin menulis, namun sebatas keinginan. Nah, maka praktek menulis menjadi penting. Beliau meyakinkan kami semua bahwa kami mampu menulis, kita adalah penulis.

Kita memerlukan kunci untuk menulis. Pertama, motivasi. Kedua, meyakini bahwa menulis itu adalah anugerah. Ketiga, meyakini manfaat menulis. Keempat, jangan mudah menyerah. Kelima, berjejaring.

Peserta pun antusias dengan paparan beliau. Berbagai pertanyaan diajukan. Dengan pelan dan pasti, beliau menjawab satu-satu pertanyaan peserta. Sebagai moderator, tentu saja saya berbahagia. Bahagia bahwa peserta puas dengan pertemuan ketiga ini. Hadir dalam pertemuan ini yaitu Mbak Hera, Mbak Ariati, Pak Saidang, Mbak Heny, Pak Hamdani, Pak Syahbana. Mas Syahrul Host Tanvan juga berkenan hadir.

Dengan berakhirnya paparan Pak Dr. Ngainun Naim, maka berakhir pula pelaksanaan KMD ini. Selanjutnya adalah praktek menulis dan menulis. Sebagaimana disampaikan dalam materi: Praktek Menulis.

Bagikan

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here