MENGUBAH HINAAN MENJADI TANGGA KESUKSESAN

0
2830

Oleh :

Agung Nugroho Catur Saputro

 

Dihina itu memang menyakitkan. Direndahkan itu memang membuat kita emosi. Seseorang yang merasa sakit hati karena dihina itu wajar. Seseorang marah karena direndahkan harga dirinya itu juga wajar. Tetapi jika kemudian ia membalas dengan menghina dan merendahkan orang yang menghinanya, maka itu bukan sikap yang baik karena hal itu menunjukkan ia tidak lebih baik dari orang yang telah menghinanya lebih dulu.

Jika hinaan dibalas dengan hinaan (yang biasanya lebih menyakitkan), maka yang menghina dan yang dihina (yang kemudian juga menghina) sama-sama buruknya. Tidak ada yang lebih baik, keduanya buruk akhlaknya. Orang yang memulai menghina duluan tidak lebih buruk dari pada orang yang dihina kemudian membalas menghina dengan hinaan yang lebih menyakitkan lagi.

Sebuah sikap yang luar biasa manakala ada orang yang dihina dan direndahkan tapi tidak membalas penghinaan yang diterimanya. Tetapi justru ia menjadikan penghinaan yang diterimanya sebagai cambuk diri untuk memperbaiki diri dan membuktikan bahwa ia bukan orang hina dengan menunjukkan capaian berbagai prestasi. Ini adalah sikap yang tidak mudah dilakukan.

Perlu perjuangan yang sangat berat untuk meyakinkan diri dan membangkitkan semangat diri bagi orang yang sering mendapat penghinaan dan direndahkan untuk dapat mencetak prestasi. Terkadang perasaan ingin menyerah dan berputus asa selalu membayangi hidupnya setiap waktu. Hanya keberanian yang luar biasa untuk menghadapi hidup lah yang membuat ia tetap tegar pantang menyerah dan semangat berjuang meraih prestasi. Keyakinannya adalah Allah swt pasti akan memberikan balasan kehidupan yang lebih baik bagi hamba-Nya yang semangat berusaha dan pantang berputus asa.

Buku “Memoar Titik Terendah dalam Hidupku dan Finally bisa Move on” yang akan segera terbit di tahun 2021 ini adalah salah satu buku antologi penulis yang berisi kisah perjalanan hidup penulis dalam menaklukan hinaan dan sakit hati menjadi tangga mencapai kesuksesan. Tulisan penulis dalam buku ini memang bukan tulisan yang luar biasa, hanya sekadar tulisan ringan berisi tentang kisah pengalaman hidup nyata dari penulis yang dulunya sering mendapatkan penghinaan dan pandangan merendahkan dari orang lain tetapi akhirnya bisa mencapai kesuksesan (versi penulis sendiri) dan mendapatkan kehormatan diri.

Buku ini adalah potret perjuangan penulis dalam berjuang mengalahkan hinaan orang lain dan menunjukkan kemampuan diri melalui capaian prestasi. Buku ini berisi kisah nyata inspiratif bagaimana penulis bangkit dari kondisi titik terendah kehidupan dan menggapai prestasi kehidupan.

Kesuksesan itu memang harus diperjuangkan, tidak cukup hanya ditunggu. Perlu perjuangan yang berat untuk menggapai kesuksesan yang terkadang harus menghadapi hambatan dan rintangan yang menghadang. Kesuksesan akan dapat kita raih manakala kita telah mampu mengalahkan hambatan dan rintangan dalam diri kita sendiri. Kita sebenarnya tidak pernah berkompetisi dengan orang lain, justru sebaliknya kita berkompetisi dengan diri kita sendiri. Mampukah kita mengalahkan diri kita sendiri sehingga kita layak untuk sukses? []

Gumpang Baru, 22 Maret 2021

 

________________________________________________

Biodata Penulis

Agung Nugroho Catur Saputro, S.Pd., M.Sc., ICT. adalah dosen di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Pendidikan dasar dan menengah dijalani di madrasah, yaitu MI Al-Islam 1 Ngesrep, MTs Nurul Islam 2 Ngesrep, dan MAN 1 Surakarta. Pendidikan sarjana (S.Pd) ditempuh di Universitas Sebelas Maret dan pendidikan pascasarjana tingkat Master (M.Sc.) ditempuh di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Mulai tahun 2018 penulis tercatat sebagai mahasiswa doktoral di Program Studi S3 Pendidikan Kimia PPs Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Selain aktif sebagai dosen, beliau juga seorang pegiat literasi dan penulis yang telah menerbitkan 52 judul buku (baik buku solo maupun buku antologi), Peraih Juara 1 Nasional bidang kimia pada lomba penulisan buku pelajaran MIPA di Kementerian Agama RI (2007), Penulis buku non fiksi yang telah tersertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Konsultan penerbitan buku pelajaran Kimia dan IPA, Reviewer jurnal ilmiah terakreditasi SINTA 2 di Universitas Diponegoro Semarang (UNDIP), Auditor internal Certified Internal Quality Audit SMM ISO 9001:2008, dan Trainer MindMap Certified ThinkBuzan iMindMap Leader (UK) dan Indomindmap Certified Trainer-ICT (Indonesia). Penulis dapat dihubungi melalui nomor WhatsApp +6281329023054 dan email : anc_saputro@yahoo.co.id. Tulisan-artikel penulis dapat dibaca di akun Facebook : Agung   Nugroho Catur Saputro, website : https://sahabatpenakita.id dan blog : https://sharing-literasi.blogspot.com

Bagikan

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here