Sahabat Pena Kita Tularkan Literasi

0
131

Sahabatpenakita.id, Semarang – Sahabat Pena Kita (SPK) gelar seminar dengan tema Profesionalisme Penulis Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Karya, Selasa (30/7). Acara di Universitas Negeri Semarang (Unnes) itu dihadiri para dosen, guru, praktisi, dan penulis. Hadir sebagai pembicara yakni Dr Ngainun Na’im MAg (Ketua LP2M IAIN Tulungagung), Prof Dr Muhammad Chirzin MAg (Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Drs Much Khoiri MA (Kepala Humas Universitas Negeri Surabaya/UNESA), dan Haidar Musyafa (Penulis Buku Biografi “Hamka”).

Para pembicara memaparkan beberapa hal tentang literasi. Ngainun Na’im misalnya, memaparkan tentang menggugah dan merawat spirit literasi. Sementara Muhammad Chirzin mengupas cara meningkatkan kualitas tulisan dengan membaca. Khoiri dan Haidar Musyafa berbicara tentang upaya meningkatkan kreativitas dan produktivitas menulis.

Baca Juga:  Tim Woodball Unnes Raih Tiga Emas di Korea Selatan

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Prof Dr Agus Nuryatin MHum.

“Unnes sangat mengapresiasi kegiatan literasi ini, mengingat kampus ini merupakan rumah ilmu pengembang peradaban. Menulis adalah salah satu cara untuk ‘mengikat’ ilmu. Tulislah apa yang Anda kuasai dan alami, agar orang lain menjadi mengetahui. Itulah cara sederhana dalam menulis,” ujar Agus saat memberi sambutan dikutip dari situs resmi Unnes.

Ketua panitia Agung Kuswantoro menambahkan, Unnes menjadi tempat ketiga dalam Kopdar ke-3 SPK. Peserta yang hadir juga berasal dari Tulungagung, Yogyakarta, Malaysia, Brebes, Malang, Bondowoso, Surabaya, dan Pekalongan. Ketua SPK M Arfan Mu’ammar juga mengatakan, pertemuan ini sebagai ajang silaturahmi para penulis dengan tujuan untuk berbagi pengetahuan mengenai literasi. Tidak hanya itu, masalah penerbitan juga menjadi pembahasan.

Dalam kegiatan tadi diluncurkan pula buku karya SPK berjudul “Literasi Di Era Disrupsi”. Selain itu, anggota SPK juga memberikan karya-karya mereka ke Unnes.(nug)

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here