Silaturrahmi Mahasiswa KKN 065 UMY

0
1410

*Silaturrahmi Mahasiswa KKN 065 UMY*

Delapan mahasiswa ini mewakili tim, berkunjung menemui saya di rumah, tadi malam, untuk silaturrahmi. “Nala putra Ibu? Saya kakak kelas Nala di SMP MBS,” kata Ilham ketua tim membuka diskusi kami. Oala, ternyata sempitnya dunia ini. Pantesan saya tampak agak familiar dengan wajah Si Ilham ini.. 😃

Berhubung waktu sudah mulai malam dan saya hari pertama flu, maka langsung saya sampaikan informasi terkait Kanoman yang mereka minta sebelumnya.

Dimulai dari kedatangan saya di Kanoman pada tahun 1997 setelah menikah. Mengelola TPA Kanoman, dilanjutkan mengelola BirruNA “PAUD Berbasis Alam dan Komunitas”. Konsep dasar apakah pengembangan BirruNA itu?

Di antara konsep yang hendak dikembangkan adalah:
1. Berilah dukungan positif yang nyata pada ibu bekerja untuk menciptakan keluarga sakinah mawaddah warahmah.
2. Tiap anak terlahir cerdas. Berikanlah stimulasi bagi optimalisasi kecerdasannya.
3. Bagi perempuan di masyarakat, berilah lapangan pekerjaan yang akan menguatkan ekonominya dan mendukungnya perannya dalam mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah.
4. Teruslah bergerak turut andil menggerakkan masyarakat dan umat menuju Indonesia jaya.

Etos kerja disiplin, keinginan membantu dan peduli sesama, kerjasama, kemitraan adalah nilai-nilai dasar yang musti dipegang oleh kita. *Tiap kebaikan yang kita lakukan, pasti akan berbuah kebaikan pula.* Tiap perbuatan tergantung niatnya, maka berniatlah baik dan memajukan masyarakat. Allahlah yang akan menyempurnakan kebaikan kita dengan kekuasaanNya.

KKN 065 UMY ini memang baru pertama kali di Kanoman. Waktunya satu bulan. Sangat singkat memang. Harapan kita, semoga programnya nanti _cespleng_ menjawab kebutuhan literasi masyarakat. Lanjutnya, tentu semoga dapat dilanjutkan oleh KKN-KKN berikutnya.

Kanoman, 7 Januari 2020

*Sri Lestari Linawati* akrab disapa Lina adalah pegiat literasi yang tinggal di Kanoman.

Bagikan

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here