SOMBONG: TITANIC (5)

0
2405

Oleh Syahrul*

Generasi 80 an pasti tahu film Titanic. Saat itu saya masih duduk di bangku SMP. Karena tinggal di pondok, film Titanic hanya bisa didengar dari mulut ke mulut. Dasar ABG, yang viral bukan hikmahnya tapi cerita perselingkuhan antara Rose dan Jack. Lukisan Vulgar Rose DeWitt dan romantisme keduanya di muka kapal.
.
Pada masanya (1912) Titanic menjadi kapal terbesar yang pernah ada di planet bumi. Dari berbagai sumber, panjangnya mencapai 268,98 meter. Lebar 28,19 meter dan tinggi 53,34 meter. Muncul sesumbar bahwa Titanic tidak bisa tenggelam. Arogansi kekuatan dan kehebatan diri melahirkan ucapan jumawa. Bahkan Tuhan pun diremehkan.
.
“Not even God himself could sink this ship.” Sejarah kemudian mencatat dan memberikan pelajaran yang berharga. Maka pada tanggal 15 April 1912 Britania Raya menabrak gunung es pada pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris ke New York. Dua jam kemudian tenggelam.
.
Sebelum Titanic, jika mau kembali membuka sejarah manusia, ada kaum yang dimusnahkan karena kesombongannya. Kaum ‘Ad. Yang tidak mau beriman kepada Nabi Hud. Mereka berbagga dengan kebesaran pencapaian peradabannya. Berperawakan tinggi besar, dan kuat. Membangun benteng dan rumah-rumah di perbukitan yang tinggi. Istana-istana yang megah. Banyak keturunan, hewan dan kemakmuran hidup.
.
Nasib yang sama menimpa kaum Tsamud dan Luth. Sama-sama congkak kepada Allah.
.

Allah Ta’ala berfirman,
إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْتَكْبِرِينَ
“Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang menyombongkan diri.” (QS. An Nahl: 23)
.
*tema terkait bisa dibaca di Facebook Syahrul

#statusdakwah
#sharekebaikan

Bagikan

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here