Yakin, Rencana Allah Pasti yang Terbaik

0
585
“Sebaik apa pun rencana manusia, rencana Allah pasti yang terbaik.” (Didi Junaedi)
Penulis yakin bahwa kita semua tentu pernah merasakan kekecewaan. Rencana yang gagal, masalah yang datang bertubi-tubi, musibah yang menimpa, hingga kenyataan yang tidak sesuai harapan. Semua itu adalah sumber kekecewaan.
Pertanyaannya, apa sikap yang biasanya kita ambil ketika menjumpai serangkaian hal tersebut? Apakah meratapi nasib, mengutuk keadaan, menyesali kenyataan, bahkan mempertanyakan keadilan Allah? Ataukah menyikapinya penuh kedewasaan? Melihat ke dalam diri, mengambil hikmah dari peristiwa tersebut, kemudian bangkit untuk menyusun kembali semangat hidup dengan penuh optimisme disertai keyakinan bahwa rencana Allah adalah yang terbaik?
Jika opsi pertama yang kita ambil, maka bersiap-siaplah menderita sepanjang masa. Karena semua jalan terlihat buntu. Langit tampak gelap pekat. Masa depan suram tak tentu arah. Tetapi, jika opsi kedua yang kita pilih, bersiap-siaplah menyongsong fajar baru kehidupan yang lebih cerah dan bercahaya.
Yakin, rencana Allah pasti yang terbaik. Itulah kata kuncinya. Dengan keyakinan semacam itu, kita akan menyiapkan mental ketika rencana yang sudah kita susun secara matang, kemudian berakhir dengan kegagalan. Kita akan lapang dada ketika kenyataan yang terjadi tidak sesuai dengan harapan. Kita akan selalu berpikir positif tentang segala hal yang terjadi dalam hidup kita. Karena kita yakin, selalu ada pelajaran di balik setiap kejadian. Selalu ada hikmah di balik setiap peristiwa. Selalu ada pesan tersembunyi yang ingin disampaikan Sang Ilahi kepada kita.
Meyakini bahwa rencana Allah adalah yang terbaik akan membuat kita tenang dan berbesar hati atas apa pun yang terjadi pada kita. Bukankah Allah mengatakan, “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kalian ketahui.” Simak pulan penegasan Allah dalam salah satu firman-Nya, “Boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.”
Allah memberikan yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan. Jika setiap yang kita inginkan dapat kita miliki, bagaimana kita bisa belajar ikhlas. Jika setiap yang kita cita-citakan segera terwujud, bagaimana kita bisa belajar sabar. Jika setiap doa selalu dikabulkan, bagaimana kita bisa belajar ikhtiar.
Yakinlah rencana Allah pasti yang terbaik. Dia tidak pernah berbuat zalim kepada hamba-hamba-Nya. Kitalah yang menzalimi diri kita sendiri.
Rezeki yang berlimpah tetapi kualitas diri sangat rendah, justru akan menjadi sumber masalah. Alih-alih menjadi berkah, justru akan menghadirkan musibah.
Ujian yang berat tetapi pribadi tidak kuat, justru akan menjadikan seseorang berbuat nekat. Alih-alih iman meningkat, justru semakin menjauh dari akhirat.
Yakinlah rencana Allah pasti yang terbaik. Dialah sebaik-baik pembuat rencana.
* Ruang Inspirasi, Sabtu, 4 Maret 2023.
Bagikan

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here