Bersiap Menyambut Tamu Istimewa

0
305

Apa yang akan kita lakukan ketika tahu bahwa akan datang tamu istimewa ke rumah kita? Tentu, kita akan mempersiapkan penyambutan sebaik-baiknya bukan? Ya, demikianlah seharusnya akhlak seorang tuan rumah.

Nabi Muhammad Saw menegaskan dalam sabdanya, “Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah memuliakan tamunya”. Jelas dan tegas bahwa di antara ciri keimanan seseorang adalah memuliakan tamu.

Saat ini, kita berada di bulan Sya’ban. Itu artinya, tidak lama lagi kita akan memasuki Bulan Suci Ramadan. Inilah bulan yang penulis sebut sebagai ‘Tamu Istimewa’. Nah, dengan akan datangnya tamu istimewa tersebut, yang dalam sejumlah ayat suci Al-Quran dan hadits Nabi dikatakan membawa  kebaikan, rahmat, ampunan (maghfirah) serta keberkahan, apa yang sudah kita persiapkan untuk menyambutnya?

Jika untuk menyambut kehadiran seorang tamu istimewa kita bersedia melakukan apa saja untuk menjamunya, agar sang tamu merasa benar-benar dihargai dan dihormati, yang akan berdampak pada kesan positif sang tamu kepada kita, lalu untuk menyambut

Bulan suci Ramadhan, tamu istimewa yang dihadirkan Allah kepada kita, apa persiapan yang sudah kita lakukan untuk menyambut dan menjamunya?

Para sufi memberi tuntunan kepada kita bagaimana cara menyambut datangnya tamu istimewa tersebut. Ada tiga hal yang harus kita lakukan  untuk menyambut datangnya tamu istimewa itu:

Pertama, takhalli, yaitu mengosongkan diri dari segala penyakit hati yang selama ini bersemayam di dalam diri kita: sifat sombong (takabbur), iri dan dengki (hasad), rakus (thama’), bangga diri (‘ujub), suka pamer (riya’, sum’ah), pendendam, buruk sangka (su’udzhan) dan beragam penyakit hati lainnya.

Kedua, tahalli, yaitu mengisi diri ini dengan beragam hal positif, mengganti seluruh perilaku dan perangai negatif yang bersemayam dalam diri. Kita ganti sifat sombong (takabbur) dengan rendah hati (tawaduk), iri dan dengki (hasad) dengan syukur, rakus (thama’) dengan menerima (qana’ah), riya’ dengan ikhlas, pendendam dengan pemaaf, buruk sangka (su’udzhan) dengan baik sangka (husnuzhan), dan seluruh perilaku dan perangai negatif kita dengan perilaku dan perangai positif.

Ketiga, tajalli, yaitu menampakkan hasil dari latihan-latihan spiritual (riyadhah bathiniyyah) kita selama bulan suci Ramadhan nanti dalam aktivitas sehari-hari pasca Ramadhan.

Inilah beberapa pesan para ulama sufi untuk kita semua dalam rangka menyambut datangnya tamu istimewa yang akan segera hadir.

Semoga tahun ini, kita bisa menyambut datangnya tamu istimewa ini dengan persiapan yang matang, sehingga sang tamu akan sangat terkesan kepada kita. Walhasil, kebaikan, rahmat, ampunan serta keberkahan akan melingkupi kehidupan kita hingga akhir hayat nanti, bahkan berlanjut hingga ke alam akhirat. Amiiin..

#MarhabanYaRamadhan

Dr. Didi Junaedi, M.A.

Dosen Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Penulis Buku-Buku Motivasi Islam.

 

Biodata Penulis

Dr. Didi Junaedi, M.A. lahir di Brebes – Jawa Tengah empat dasawarsa silam dari pasangan (Alm.) H. Ahmad Zabidi dan Hj. Riayah. Menyelesaikan Studi S1 hingga S-3 nya di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dengan mengambil konsentrasi Tafsir Interdisiplin.

Aktivitas sehari-harinya adalah Dosen Tetap untuk mata kuliah Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir di Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Fak. Ushuluddin Adab dab Dakwah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Beberapa karyanya yang sudah diterbitkan antara lain: Agar Allah selalu Menolongmu! Sehingga Kesedihan segera Berlalu Sehingga Kesulitan tak lagi Menghantuimu (Seri-1) (Jakarta: Suluk, 2010), Agar Allah selalu Menolongmu! Melihat Sisi Baik dari setiap Ujian (Seri-2) (Jakarta: Suluk, 2011), salah satu penulis buku Sungguh, Aku Mencintaimu Karena Allah (Jakarta: Qultum Media, 2011), salah satu penulis buku Cerita Cinta Ibunda (Bandung: Qanita, 2011), Menafsir Teks, Memahami Konteks (Melacak Akar Perbedaan Penafsiran terhadap Al-Qur’an), (Cirebon: Nurjati Press, 2012). Berbahagialah! (Pesan Al-Qur’an Menggapai Kebahagiaan Hakiki (Jakarta: Quanta, Elexmedia Komputindo, 2013). 5 Langkah Menuju Sukses Dunia-Akhirat (Jakarta: Quanta, Elexmedia Komputindo, 2013). Qur’anic Inspiration: Meresapi Makna Ayat-Ayat Penggugah Jiwa (Jakarta: Quanta, Elexmedia Komputindo, 2014). (Kado Spesial Ultah): Raup Berkah, Saat Umur Bertambah (Brebes: Rahmadina Publishing, 2015). DREAM: Seni Mewujudkan Mimpi ((Jakarta: Quanta, Elexmedia Komputindo, 2015). DREAM: Seni Menyalakan Semangat Hidup (Jakarta: Quanta, Elexmedia Komputindo, 2015). Penyimpangan Seksual yang Dilarang Al-Qur’an (Jakarta: Quanta, Elexmedia Komputindo, 2016). Hidup Bahagia Bersama Al-Qur’an (Jakarta: Quanta, Elexmedia Komputindo, 2016). Berpikir Positif Agar Allah Selalu Menolongmu! (Jakarta: Qaf, 2017). Seni Bergaul Ala Rasul : 25 Akhlak Pergaulan Nabi (Solo: Tinta Medina, 2017). Hapus Sedihmu, Allah Bersamamu (Jakarta : Quanta, Elexmedia Komputindo, 2017). Nikmati Hidupmu, Allah Bersamamu (Jakarta : Qaf, 2018). Tafsir Kebahagiaan (Brebes : Rahmadina Publishing, 2019). Tuhan Maha Menggoda  (Brebes : Rahmadina Publishing, 2019). Quantum Quranic Inspiration (Yogyakarta : Diandra, 2022).

Untuk korespondensi, ia dapat dihubungi via email di: junaedi.didi1979@gmail.com Akun Facebook: Didi Junaedi. HP/WA: 081 326 876004 Akun YouTube : Didi Junaedi

Bagikan

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here