MEMBAHAGIAKAN DIRI DENGAN PRODUKTIF BERKARYA

0
408

Oleh :

Agung Nugroho Catur Saputro

 

 

Adakah di dunia ini orang yang tidak bahagia? Saya kira semua orang pasti ingin bahagia. Walaupun dalam kehidupan nyata kebahagiaan itu bukan seperti kurva linier yang lurus tetapi fluktuatif naik turun, terkadang bahagia dan di lain waktu terkadang tidak/kurang bahagia, tetapi setiap orang pasti ingin setiap saat merasakan bahagia. Setiap orang pasti menginginkan rata-rata waktu hidupnya didominasi oleh rasa bahagia.

 

Semua orang pasti mengharapkan kehidupan yang bahagia. Tapi sayangnya tidak setiap orang mengetahui bagaimana cara menjalani hidup yang bahagia dan ternyata juga tidak setiap orang mampuĀ  menemukan kebahagiaan dalam hidupnya. Karena tidak mudahnya mendapatkan kebahagiaan, Hendrik Ibsen, seorang filosof bangsa Norwegia (1828-1906) sampai berkeyakinan bahwa mencari bahagia itu hanya menghabiskan umur saja, karena jalan untuk menempuhnya sangat tertutup, setiap ikhtiar untuk melangkah ke sana senantiasa terbentur.

 

Berbagai cara dilakukan orang agar hidupnya bahagia. Ternyata bahagia itu bersifat relatif. Ada orang yang merasa mudah bahagia. Tetapi ada juga orang yang merasa sulit bahagia. Ada orang yang hidupnya pas-pasan tapi merasa bahagia. Tetapi ada juga orang yang hidupnya bergelimang harta dan kemewahan tapi hatinya belum bahagia. Tetapi juga ada kebalikan dari dua kondisi tersebut.

 

Bahagia memang misteri, mudah diucapkan tetapi sulit didefinisikan. Mudah dirasakan tetapi sulit dideskripsikan indikatornya. Akhirnya yang paling mudah dilakukan untuk mengukur indikator kebahagiaan adalah dikaitkan dengan kecukupan kebutuhan fisik. Padahal kebahagiaan itu ranahnya kebutuhan hati (jiwa, spirit), bukan ranah kebutuhan fisik. Sehingga di masyarakat umum lazim muncul pemahaman bahwa orang yang kaya pasti hidupnya bahagia, sedangkan orang yang kurang mampu pasti tidak bahagia. Benarkah demikian? Silakan buktikan sendiri.

 

Bagaimana cara Anda menggapai hidup bahagia? Kalau saya pribadi merasakan kebahagiaan adalah ketika saya mampu menggunakan potensi dan kompetensi yang dikaruniakan Allah Swt. untuk menghasilkan karya. Setiap selesai menghasilkan sebuah karya, maka hati saya merasa sangat bahagia dan bangga. Maka dengan berusaha selalu berkreasi dan berkarya merupakan cara saya untuk membahagiakan diri sendiri.

 

Jadi indikator kebahagiaan bagi saya adalah ketika saya mampu menghasilkan karya-karya baru. Kebahagiaan yang saya rasakan pada akhirnya juga ikut mendorong diri saya untuk terus meningkatkan produktivitas diri dengan terus menghasilkan karya-karya baru. Jadi bahagia, produktivitas diri, dan karya baru bagaikan sebuah siklus yang saling terhubung dan saling mensupport.

 

Seperti saat tulisan ini saya buat. Menjelang berakhirnya bulan kedua tahun 2021 ini, beberapa karya buku antologi yang pernah saya ikut dalam program nulis bareng mulai memperlihatkan hasilnya. Ada 15 cover judul buku antologi yang sudah dirilis oleh panitia maupun penerbit penyelenggara nubar (nulis bareng). Bagi saya, cover-cover buku antologi tersebut merupakan kebahagiaan tersendiri bagi saya pribadi. Dirilisnya cover-cover buku antologi tersebut menjadi bukti dari tingkat produktivitas saya dalam berkarya. Maka cover-cover buku antologi tersebut merupakan indikator kebahagiaan saya. Saya bahagia telah berkarya. Saya bangga bisa memanfaatkan potensi dan kompetensi menulis saya yang merupakan karunia dari Allah Swt. Bagaimana dengan Anda? []

 

Gumpang Baru, 23 Februari 2021

 

 

BIODATA PENULIS

Agung Nugroho Catur Saputro, S.Pd., M.Sc., ICT. adalah dosen di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Pendidikan dasar dan menengah dijalani di madrasah, yaitu MI Al-Islam 1 Ngesrep, MTs Nurul Islam 2 Ngesrep, dan MAN 1 Surakarta. Pendidikan sarjana (S.Pd) ditempuh di Universitas Sebelas Maret dan pendidikan pascasarjana tingkat Master (M.Sc.) ditempuh di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Mulai tahun 2018 penulis tercatat sebagai mahasiswa doktoral di Program Studi S3 Pendidikan Kimia PPs Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Selain aktif sebagai dosen, beliau juga seorang pegiat literasi dan penulis yang telah menerbitkan lebih dari 36 judul buku (baik buku solo maupun buku antologi), Peraih Juara 1 Nasional bidang kimia pada lomba penulisan buku pelajaran MIPA di Kementerian Agama RI (2007), Penulis buku non fiksi yang telah tersertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Konsultan penerbitan buku pelajaran Kimia dan IPA, Reviewer jurnal ilmiah terakreditasi SINTA 2 di Universitas Diponegoro Semarang (UNDIP), Auditor internal Certified Internal Quality Audit SMM ISO 9001:2008, dan Trainer MindMap Certified ThinkBuzan iMindMap Leader (UK) dan Indomindmap Certified Trainer-ICT (Indonesia). Penulis dapat dihubungi melalui nomor WhatsApp +6281329023054 dan email : anc_saputro@yahoo.co.id. Tulisan-artikel penulis dapat dibaca di akun Facebook : Agung Nugroho Catur Saputro, website : https://sahabatpenakita.id dan blog : https://sharing-literasi.blogspot.com

Bagikan

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here