APA YANG MUSTI DIJAGA MAS NADIEM MAKARIM?

0
871

Dr. Amie Primarni

Tidak apa ya, kita masih bahas yang satu ini. Bagi saya ini membuktikan bahwa kita rindu pendidikan indonesia benar-benar baik. Dan kita selalu malu jika Indonesia berada diurutan kesekian dari Pendidikan di ASEAN maupun Internasional.

Anggaplah Mas Nadiem sudah punya konsep pendidikan Indonesia yang kelak baru bisa dibuktikan di tahun 2045, Indonesia akan punya generasi emasnya.

Dua point yang menjadi program kerja Mas Nadiem adalah konsentrasi pada karakter dan kompetensi. Saya berharap karakter ini diambil dari esensi adab, yaitu perilaku dan sikap yang punya dimensi spiritual. Dan kompetensi, diambil dari esensi kecerdasan yang utuh. Dimana manusia punya empat elemen dasar yang harus dikembangkan secara seimbang dan optimal.

Elemen spiritual, yang menjadi fondasi dan tujuan dari tiga elemen lainnya yaitu, fisik, emosi dan intelektual. Keempat elemen inilah yang saya berharap menjadi bagian dari konsep pendidikan secara utuh,menyeluruh dan terintegrasi. Menjadi Paradigma Pendidikan Holistik.

Ketika bicara tentang teknis bagaimananya, maka saya berharap teknologi akan membantu memudahkan.

Apa yang musti dijaga Mas Nadiem agar konsep pendidikan dan eksekusinya mulus.

Pertama, jangan gaduh dalam membuat kebijakan dan perombakan. Kalem saja.

Kedua, selaraskan gaya kerja dan gaya kepemimpinan di birokrasi. Layaknya Tony Blair, PM Inggris yang dulu membawa gaya profesional ke ranah birokrasi.

Ketiga, jangan terlalu populer agar tidak banyak fitnah.

Ke empat, pastikan selaras dengan irama sang pemimpin.

Mas Nadiem bisa melihat gaya bu Menteri Luar Negeri, Bu Menteri Lingkungan Hidup. Jika mas se extravaganza bu Susi, siap-siap ya mas nanti ditenggelamkan.

Tapi Mas Nadiem musti gerak cepat dan cepat gerak ya, agar dalam lima tahun fondasi konsep pendidikannya sudah terlihat.

Mas secara personnal sudah extravaganza, jadi hati-hati ya.

Tidak mudah menjadi seorang yang extravaganza untuk bisa tenang. Tapi saya ingin sekali Mas berhasil membawa generasi Indonesia lebih baik.

Karakter adalah ciri dalam diri seseorang yang melekat dan tak bisa dicuri.

Oh ya Mas… saya juga beri nama putera saya Zul Hazmi Karim 22 th dan Muhammad Jamil Karim 18th. Semoga yang baiknya menetes juga.

Apakah ini sebuah kebetulan?

Mmm…

Bagikan

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here