Buku Antologi SPK Ke-3

0
777

(Sebuah Catatan dari Penyunting)

Oleh: Abd. Azis Tata Pangarsa

Beberapa saat yang lalu saya dijapri oleh pengurus SPK (Sahabat Pena Kita-Grup WA yang berisikan para penulis se Indonesia dengan berbagai latar belakang profesi) bagian penghimpun tulisan, agar saya mau menjadi editor atau penyunting buku. Saya di-deadline dalam satu minggu harus selesai dengan berbagai tugas penyunting yang lumayan banyak.

Saya pun meng-iyakan dan menyanggupi, meski tugas-tugas yang lain juga banyak. Tapi saya berpikir, ini adalah amanah dan kepercayaan, harus saya kerjakan dengan sebaik mungkin dan tidak boleh menolaknya. Saya pun dikirimi lewat email, naskah mentah berbagai tulisan dari para anggota grup SPK yang tentunya harus saya sunting satu per satu.

Penyunting buku bertanggungjawab atas segala isi yang ada di dalam buku, mulai dari hal teknis penulisan, isi tulisan harus sesuai dengan tema, membuat sub tema bagian-bagian dari buku, mengelompokkan tulisan sesuai dengan sub tema, meng-edit huruf dan kata-kata sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baku dan benar, mencetak miring kata serapan atau kata asing, memberi kata pengantar sebagai penyunting, meminta endorsement tokoh, mengatur dan memilih desain cover, memberi saran tentang layout buku, membuat judul buku dan lain-lain.

Jadi seorang penyunting itu harus benar-benar paham detail buku yang disuntingnya, baik paham filosofi, isi maupun teknis. Manakala ada kesalahan di buku misalnya penulisan ejaan yang salah, salah ketik huruf, desain cover yang tidak bagus dan lain-lain, penyunting-lah yang bertanggungjawab. Para kontributor tulisan tidak salah apa-apa.

Akhirnya deadline satu minggu bisa saya penuhi dalam menyunting buku ini. Ini adalah usaha maksimal sebagai penyunting buku yang telah saya lakukan seprofesional mungkin, dengan mengamati huruf per huruf, kata-per kata, kalimat per kalimat, dan sederet tugas penyunting yang saya sebutkan di atas.

Semoga dapat memberikan kebermanfaatan bagi orang lain dan diri saya pribadi, upaya kecil yang saya lakukan ini.

Insyaallah buku ini akan di-launching di acara Kopdar Grup WA SPK yang sekaligus diadakan seminar nasional dengan tempat di Aula Gus Dur, Gedung Pascasarjana Universitas Islam Malang pada hari Sabtu, 25 Januari 2020 dengan dihadiri oleh para tokoh-tokoh pendidikan termasuk diantaranya Prof. Dr. H Imam Suprayogo, (Mantan Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang), Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si (Rektor Unisma), Prof. Dr. H. Chirzin, M.Ag (Profesor Ilmu al-Qur’an dari UIN Jogjakarta) dan ditargetkan dihadiri oleh 700 orang.

Mohon maaf atas segala kekhilafan yang tentu saja mungkin masih bisa saja terjadi, karena tidak mungkin ada kesempurnaan yang benar-benar sempurna. Semoga ikhtiar kecil ini bisa menjadi sejarah, bahwa saya pernah memberikan sumbangsih sedikit pemikiran, waktu dan tenaga, juga bisa menjadi catatan amal kebaikan dan pahala di sisi Allah SWT.

Bagikan

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here