Dibutuhkan Komitmen dalam Berliterasi

0
297

Dibutuhkan Komitmen dalam Berliterasi

Oleh Agung Kuswantoro

 

Dalam kegiatan literasi (membaca – menulis) dibutuhkan sebuah komitmen. Keinginan saja, tidak cukup. Tetapi, komitmen yang sangat dibutuhkan.

 

Terlebih saat ini, alat bantu berupa pencarian/google di internet semakin mempermudahkan seseorang untuk mencari informasi apa saja bisa. Apalagi, dengan adanya AI/Artificial Intelligence. AI mempermudah dalam mendapatkan informasi.

 

Namun dari kecanggihan teknologi informasi adalah proses dalam mendapatkan informasi yang valid. Membaca buku/kitab/teori adalah kuncinya. Setelah membaca lalu ditulis.

 

Kegiatan membaca – menulis itu, bukanlah hal yang mudah. Agama Islam saja, bahkan memerintahkan untuk membaca (Iqro). Ada juga ayat yang identik dengan menulis “wal qolami wama yasturun” yang turun (dalam surat al-Qolam) yang artinya: Kegiatan menulis – membaca, sangatlah penting. Membaca – menulis itu, mengasah otak. Bahkan, mengasah hati. Dengan membaca – menulis, hati – otak seseorang lebih seimbang.

 

Setelah membaca, orang tersebut akan merenung. Dalam perenungan akan timul sebuah ide. Ide dapat diwujudkan dalam sebuah tulisan. Tulisan itulah bentuk nyata sebuah ide/gagasan.

 

Komunitas

Untuk menjaga “keistikamahan” dalam kegiatan membaca – menulis dibutuhkan sebuah komunitas. Komunitas adalah sekumpulan orang yang komitmen terhadap “dunia” membaca – menulis. Bisa jadi kegiatan membaca – menulis masih kurang lazim. Artinya, kegiatan membaca – menulis itu sedikit yang menyukainya.

 

Di Indonesia saja indeks orang yang membaca 0,001. Artinya, hanya 1 orang yang membaca dari 1000 orang yang ada. Jadi, ada 999 orang yang tidak membaca.

 

Oleh karenanya, “komunitas” sebagai jembatan. Komunitas kepenulisanlah yang saya maksudkan. Bukan komunitas asal – asalan. Dimana, dalam komunitas tersebut berisikan orang yang berkomitmen untuk menulis. Syukur bisa menghasilkan sebuah buku (minimal) satu bulannya dari tulisan-tulisan para anggotanya.

 

Nah, sekarang bagaimana dengan diri Anda? Jika ingin bergerak dibidang literasi, bangunlah komitmen yang kuat. Lalu, temukanlah sahabat-sahabat pena/penulis di sebuah komunitas yang solid berkomitmen untuk menulis. Semoga, Anda sudah menemukannya. Amin. []

 

Semarang, 27 Agustus 2023

Ditulis di Rumah jam 04.00 – 04.30 Wib.

Bagikan

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here