KOPDAR SPK 10 UNESA: ANTARA HARAPAN DAN REALITA

0
245

Oleh: Eni Setyowati 

Lagi-lagi saya tidak bisa mengikuti Kopdar SPK di Surabaya. Beberapa kali kopdar yang dilaksanakan di Surabaya saya tidak bisa menghadirinya. Entah ini berarti saya tidak boleh datang ke Surabaya atau memang kebetulan heheheheh. Saya yakin memang ini kebetulan karena setiap kali ada kopdar di Surabaya pas bersamaan dengan agenda yang lain. Kopdar yang di Surabaya saat masih SPN dulu pas bersamaan dengan saya menemani anak lomba. Saat di Sidoarjo, saya sudah sampai di Surabaya, tetapi tetiba di Surabaya anak saya demam, akhirnya langsung pulang lagi. Dan kini, saat kopdar di Unesa, bersamaan dengan acara asesmen lapang akreditasi program studi kami. Memang itulah takdir dari Allah untuk saya yang tidak bisa menghadiri kopdar 10 di Surabaya.

Beberapa bulan yang lalu diskusi pelaksanaan kopdar ke 10 SPK telah didiskusikan di grup pengurus SPK, dan telah diputuskan kopdar ke 10 akan dilaksanakan di kampus Unersitas Negeri Surabaya. Beberapa pergantian waktu pun telah dilakukan, untuk menentukan waktu terbaik. Akhirnya disepakati pada hari Sabtu tanggal 9 September 2023. Sejak awal niat untuk menghadiri acara tersebut sangat besar, mumpung dilaksanakan tidak jauh dari kota saya yaitu Tulungagung, cukup 3 – 4 jam kita sudah sampai di Surabaya. Selain ingin bersilaturahmi dengan teman-teman SPK, juga ingin mengikuti seminar dengan narasumber yang sangat menarik.

Niat sudah bulat, tetapi Allah berkehendak lain. Memang sekitar 3 bulan belakangan ini saya sangat sibuk untuk mempersiapkan reakreditasi program studi Tadris Biologi, dimana saya diberi amanah sebagai koordinatornya, sehingga tugas melaksanakan reakreditasi adalah salah satu amanah yang harus saya lakukan. Sejak aawal tahun 2023, tim kami mulai menyusun draft bahan-bahan yang diperlukan untuk menyusun laporan evaluasi diri dan DKPS akreditasi. Berbulan-bulan kami berkecimpung untuk menyiapkan membuat laporan akreditasi. Memang tidak mudah, karena banyak yang harus dipersiapkan. Sekitar 4 bulan, kami membutuhkan waktu untuk menyelesaikan laporan akreditasi. Hingga awal bulan Juni 2023, alhamdulillah kami telah mensubmit laporan akreditasi ke website Lamdik. Pada masa tunggu antara submit dan pelaksanaan asesmen lapangan (AL) membuat hati kami deg-deg an. Tim kami mulai mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk persiapan AL.

Hampir tiap hari saya membuka website lamdik untuk melihat status perkembangan berkas kami. Tibalah saatnya pada tanggal 23 Agustus 2023, ada pengumuman bahwa pelaksanaan AL akan dilaksanakan pada tanggl 7 – 8 September 2023. Sejak saat itulah, saya teringat akan pelaksanaan kopdar 10 SPK yang akan diadakan pada tanggal 9 September 2023. Dalam hati saya langsung berkata, “wah jelas ini saya terpaksa tidak bisa ikut kopdar 10 SPK di Surabaya.” Meskipun tanggal 8 September 2023 AL telah selesai, biasanya masih ada yang harus direvisi dan selain itu rasa capek dan campur aduk lainnya masih ada. Dan akhirnya saya putuskan saya tidak bisa menghadiri kopdar 10 SPK. Jangankan hadir, melihat berita kopdar di grup WA pun tidak sempat saya buka, karena memang pikiran masih campur aduk mulai mempersiapkan AL, pelaksanaan AL, bahkan revisi hasil dari AL. Apalah daya, memang realita demikian. Saya harus menerimanya. Benar sekali, pada tanggal 9 September 2023, saya harus mengerjakan revisi hasil AL yang wajib dikirim ke lamdik. Alhamdulillah pada 9 September 2023 malam, akhirnya revisi selesai dan terkirim ke website lamdik. Kita tinggal berdo’a semoga mendapatkan hasil terbaik.

Cerita di atas adalah alasan saya mengapa tidak bisa hadir pada kopdar 10 SPK. Namun demikian, do’a untuk kesuksesan kopdar 10 SPK selalu saya panjatkan agar berjalan lancar dan sukses. Sekali lagi mohon maaf tidak bisa menghadiri kopdar 10 SPK, semoga kopdar ke depan bisa hadir dan meramaikannya. Aamiin.

Bagikan

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here