PENGAJIAN JUMPA DISAMBUT GEMBIRA, PARA JAMA’AH PUN TERSENYUM BANGGA

0
281

PENGAJIAN JUMPA DISAMBUT GEMBIRA, PARA JAMA’AH PUN TERSENYUM BANGGA

 

Pagi itu, langit nampak mendung. Tak lama kemudian, guyuran hujan rintik-rintik membasahi Desa Dukunanyar. Udara semakin sejuk, dalam hati kuberucap, “Ya Allah, pagi ini waktunya pengajian Jumpa. Akankah banyak yang hadir? Lawong hujan rintik-rintik kayak gini, pastinya sepi” gumanku lirih.

 

Kulihat dari balik cendela rumah, sepertinya hujan rintik sudah mulai meredah. Aku pun keluar dan memastikan semuanya. Alhamdulillah, ternyata benar. Rintik hujan berangsur mulai menghilang. Aku pun lega dan memantapkan batinku untuk berangkat menuju Gedung Dakwah Muhammadiyah, yang lokasinya tak jauh dari rumah demi satu asa menimbah ilmu, mengisi asupan rohani demi meningkatkan kualitas diri menjadi hamba yang haus belajar dan masih perlu belajar.

 

Iya, Jum’at, 05 Januari 2024 adalah hari dilangsungkannya kegiatan pengajian. Tepatnya pengajian JUMPA atau Jum’at pagi yang diselenggarakan oleh Majelis Tabligh Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Dukun. Pengajian JUMPA kali ini mengusung tema, “Mengeksplorasi diri menjadi muslim yang sukses dan berkemajuan.” Bertindak sebagai pemateri adalah Bapak Dr. Syamsul Ma’arif, M.Psdm, seorang pengusaha sukses sekaligus menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur.

 

Acara berlangsung lancar dan sangat antusias. Dimulai tepat pukul 06.00 dan berakhir hingga pukul 07.30 WIB. Acara dibuka oleh ustadz Husni selaku pembaca acara, lalu berlanjut pembacaan ayat suci Al Qur’an yang dibawakan oleh ananda M. Wildan Firdaus Al Ma’sum, santri kelas 8 MTs Muhammadiyah 10 Mojopetung yang bersuara merdu dan indah memukau.

 

Usai lantunan ayat suci Al Qur’an, acara dilanjutkan dengan tausiyah dan ceramah agama yang disampaikan oleh Bapak Dr. Syamsul Ma’arif, M.Psdm. Dalam kajiannya beliau bertutur tentang banyak hal, diantaranya; bagaimana seharusnya seorang muslim dalam menggali potensi diri, membangun target (visi hidup) dan impian serta bagaimana bersikap wujudkan visi dan cita-cita menjadi kenyataan. Menurut beliau, belajar itu harus, tak boleh berhenti dan harus terus berproses. Belajarlah agar sukses, tak hanya hidup di dunia namun juga kehidupan hakiki kelak di akhirat, sebagaimana hadis nabi, Barangsiapa yang hendak menginginkan dunia, maka hendaklah ia menguasai ilmu. Barangsiapa menginginkan akhirat hendaklah ia menguasai ilmu, dan barangsiapa yang menginginkan keduanya (dunia dan akhirat) hendaklah ia menguasai ilmu” (HR Ahmad). Dalam meraih impian, tentu akan banyak rintangan dan hambatan. Sebagai muslim harus terus optimis, setelah kesulitan pasti akan datang kemudahan, setelah hujan pasti ada pelangi yang indah menawan. Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (Qs. Al-Insyirah: 5-6) 

 

Setelah sukses dalam meraih impian, pastikan diri tetap bersyukur dan terus berbagi. Jangan sombong apalagi pelit. Nikmat yang diberi harus disyukuri dengan cara berbagi, memberi dan membantu sesama. Jadilah pribadi muslim yang kaya manfaat, bukankah sebaik-baik manusia adalah mereka yang paling banyak manfaat untuk sesamanya, “Khoirunnas Anfa’uhum Linnas” demikian beliau bertutur dalam kajiannya.

 

Beliau juga menyampaikan tentang pentingnya mengerjakan amalan-amalan sunah seperti sholat sunah qobliyah ba’diyah, sholat tahajud, dhuha, ibadah puasa sunah dan memperbanyak sodaqoh dan infaq. Menurutnya dengan mengerjakan amalan-amalan sunah inilah, kelapangan rezeki dan kesuksesan akan mudah diraih. Selain memberikan tausiyah dengan bahasa ringan dan mudah dimengerti, Wakil Ketua Majelis Tabligh PWM Jatim ini juga bagi-bagi uang kepada para jama’ah pengajian yang berhasil menjawab pertanyaan yang beliau lontarkan. Tentu saja, aktivitas ini membuat suasana pengajian menjadi pecah dengan senyum merona bertabur bahagia.

 

“Apa dalil tentang kewajiban bersyukur? Ayo, silahkan maju dan dijawab bagi yang benar akan dapat hadiah uang” ujar Bapak Dr. Syamsul Ma’arif yang lantas disambut dengan gemuruh suara jama’ah pengajian yang mengangkat tangan dan berebut untuk menjawab.

 

Usai puas memberikan pertanyaan sekaligus membagikan hadiah, beliau pun melanjutkan sedikit materinya dan ditutup dengan do’a. Pengajian JUMPA pun usai lalu dilanjutkan dengan launching kantor pelayanan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syari’ah (KSPPS) BTM Surya Amanah Mandiri PDM Gresik di GDM PCM Dukun oleh Bapak Agus Lukman Hidayat, SP., MHES sekaligus penyerahan simbolis tabungan SAM ke PCM Dukun yang diterima langsung oleh Ustadz Afifuddin Aminin, M.Pd.I selaku ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Dukun.

 

Alhamdulillah, pengajian berjalan lancar dengan penuh sukses. Selamat pula atas dibukanya kantor layanan KSPPS BTM Surya Amanah Mandiri PDM Gresik di GDM PCM Dukun. Semoga dipenuhi keberkahan dan berlimpah manfaat, utamanya bagi warga Muhammadiyah. Barakallah! (Husni)

 

Bagikan

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here